"), auto;}

Senin, 06 Juni 2016

TRIO FUNDATIONAL

Diposting oleh dunia kebidanan di 06.32
Tiga Fondasi dasar pemenuhan nutrisi tubuh. Tubuh perlu dilandasi oleh tiga fondasi dasar, yaitu makronutrisi, mikronutrisi, dan fitronutrisi. Dengan memenuhi kebutuhan utama tersebut, kesehatan optimal dapat dicapai, sebagai modal untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar.
Apa itu makronutrisi? Makronutrisi merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi dalam jumlah besar (makro). Selain karbohidrat, zat gizi dasar yang juga termasuk makronutrisi adalah protein dan lemak. WHO menyarankan 0,83 gr protein bermutu tinggi per kg berat tubuh per hari. Contoh, seseorang dengan bobot 60 kg butuh 8 butir telur (50gr) per hari. Sedangkan American Heart Association menganjurkan dua porsi ikan berlemak (salmon, tenggiri, tuna) per minggu.
Mikronutrisi & fitronutrisi, perannya tidak mikro. Mikronutrisi terdiri dari vitamin dan mineral. Meski tubuh memerlukannya hanya dalam jumlah kecil (mikro), tapi perannya besar dalam menunjang kesehatan. Sebagian vitamin hanya bisa didapat dari makanan atau kombinasi makanan tertentu, sehingga butuh upaya ekstra untuk mencapai jumlah vitamin dan mineral yang optimal.
Sedangkan fitonutrisi merupakan komponen organik yang terdapat dalam tumbuhan. Perannya, memberi perlindungan antioksidan tambahan.

  1. Manfaat vitamin dan mineral
  • Bekerjasama dengan makronutrisi untuk menjalankan ratusan peran yang menunjang kesehatan.
  • Menjaga tubuh dari ragam penyakit yang merugikan.
    2. Manfaat asam lemak omega-3
  • Menjaga kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf.
  • Memperkuat pembuluh darah vena dan arteri yang berfungsi membawa zat gizi ke semua sel dalam tubuh.
  • Menunjang keluwesan dan daya gerak sendi
   3.Manfaat protein
  • Membantuu tubuh tetap bertenaga, membangun otot, dan memelihara otot tanpa lemak.
  • Membuat sel baru, memelihara jaringan, dan mengatur fungsi sel.
Setiap hari tubuh membutuhkan asupan seimbang dari makronutrisi (protein, lemak, karbohidrat), makronutrisi (vitamin, mineral), dan fitonutrisi (buah, sayur).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Seputar Kebidanan Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei